ANTARA ORGANISASI DAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK)

Sejak aktif perkuliahan semester ganjil 2017 UIN sunan Ampel Surabaya, penulis banyak menerima berbagai keluhan, curhatan, atau permintaan saran dari mahasiswa baru tentang pilihan mengikuti organisasi atau fokus kuliah untuk memaksimalkan nilai IPK. Dari sini, penulis merasa perlu memaparkan sedikit tentang hiruk pikuk dunia perkuliahan yang ada di Indonesia, sehingga pembaca bisa menilai dan memutuskan sendiri antara etis berorganiai, atau etis mendapat IPK cum laude. Oleh karena itu, penulis sengaja membuat esai ini khusus dipersembahkan bagi mahasiswa baru UIN Sunan Ampel Surabaya, dan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat khususnya.

Pertama, mahasiswa perlu mengetahui dan memahami dengan betul “apa itu tri dharma perguruan tinggi“. Mengingat seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia mempunyai visi yang sama, yaitu mencetak generasi baru yang memiliki semangat juang tinggi, modal kritis, kreatif, inovatif, mandiri, dan sosialis. Sebab itulah tri dharma menjadi tanggungjawab besar bagi setiap mahasiswa sekaligus menjadi tolak ukur apa yang sudah ditargetkan oleh kampus.

Tri dharma perguruan tinggi, yang pertama pendidikan dan pengajaran. Point ini memiliki peranan paling penting dalam proses pembelajaran. Pendidikan dan pengajaran yang baik, akan menghasilkan bibit-bibit yang baik pula, dengan begitu kampus akan melahirkan generasi berkualitas sebagai penerus bangsa. Sebagaimana isi pembukaan undang-undang dasar 1945 yaitu, “mencerdaskan bangsa”. Dari sini sudah jelas bahwa pendidikan dan pengajaran menjadi satu-satunya jawaban atas ketimpangan pendidikan pada saat ini. Kedua, penelitian dan pengembangan. Point ini akan melatih daya kritis inovatif mahasiswa untuk menciptakan pembaharuan-pembaharuan yang lebih baik. Ketiga, pengabdian masyarakat, yaitu asaz kemanusiaan yang mementingkan kepentingan masyarakat. Point ini akan melatih mahasiswa untuk saling mengenal budaya, karakter, tradisi, upacara, dll dengan mayarakat lain yang kemudian diantara keduanya akan terjalin interaksi yang baik. Selain itu, point ini menjadi tinjauan akhir mahasiswa untuk mengimplementasikan hasil pembelajaran yang diperoleh selama di bangku perkuliahan.

Untuk mencapai ketiga point tersebut, mahasiswa perlu berinteraksi, mengenal, dan memahami sirkulasi perubahan keadaan lingkungan yang terjadi. Bagaimana cara hidup orang-orang pinggiran, bagaimana sistem akademik kampus, masih adakah koruptor-koruptor kecil di kampus, sudahkah kita mendapatkan hak-hak kita, bagaimana cara me-manage waktu dengan benar, memimpin sebuah acara, dan masih banyak lagi yang harus dipelajari. Hal ini tidak bisa dilakukan hanya dengan duduk di dalam kelas. Mahasiswa harus aktif bergerak, dalam artian bergerak sebagai aktor, bukan sebagai penonton.

Menurut Toner, organisasi merupakan suatu pola yang memiliki hubungan-hubungan melalui orang-orang dengan bergerak bersama untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan. Dalam hal ini, UIN unan Ampel Surabaya sudah menyediakan banyak sarana dan prasarana untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa. Semua itu tidak terlepas dari sebuah “organisasi” di dalamnya. Mahasiswa berhak memilih bidamg yang diminati sebagai tempat berproses menuju perubahan lebih baik.

Disamping itu, penulis tidak menafikan pentingnya meraih Indek Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa itu endiri. Mahaiwa juga perlu memiliki IPK yang baik untuk memperbaiki diri  dalam segala bidang. IPK disini bukan berarti sebatas nilai, tetapi dicapai atas hasil implementai isi tri dharma nomor pertama. Sebagaimana realitas yang ada, dunia kerja enggan menerima pekerja yang bermodalkan kemampuan saja, melainkan identitas kemampuan tersebut harus tertulis diatas lembar ijazah.

Tetapi mengandalkan ijazah saja, itupun tidak cukup. Dunia kerja juga menginginkan orang yang berpengalaman, memiliki riwayat organisasi, keterampilan interpersonal, dan kemampuan lain yang tidak dimiliki oleh orang non-organisator. Organisator akan lebih mudah memecahkan maalah, memiliki toleransi yang tinggi, memahami karakter orang lain, memiliki jaringan luas.

Dalam uraian diatas, penulis mendukung penuh para organiator untuk tetap berproses di dalamnya. Hal itu menjadi ajang latihan dunia kerja yang sesungguhnya sekaligus menjadi bekal di masa depan. Hariri, mantan Pimpinan Umum selebaran ini pernah mengatakan bahwa pemimpin yang hebat itu bukan mereka yang memiliki sejarah, melainkan mereka yang bisa membuktikan.

Terkadang orang berfikir bahwa terlibat dalam organisasi akan menyita tenaga dan waktu belajar mereka. Padahal belajar yang sesungguhnya adalah ketika kalian terlibat dalam pembelajaran terebut. Pepatah mengatakan, “belajarlah dari pengalaman”. Nilai sesungguhnya yang tidak bisa dibayar, adalah ketika kau sendiri yang menciptkan sejarah terebut.

“Antara organisasi dan IPK”, bukan dualisme yang bertentangan lagi. Organisasi penting, begitupun IPK. Tidak memihak dunia organisasi, ataupun dunia perkuliahan. Keduanya sama-sama penting dan saling dibutuhkan. Bukan menjadi fanatis lapangan, bukan pula menjadi fanatis buku. Jadilah generasi organisatoris yang akademi. Tidak melupakan konsep attention detail, yaitu sikap tidak meremehkan hal-hal lain yang dianggap tidak penting bagi dirinya. semua peristiwa pasti mempunyai sebab, dan semua sebab memiliki kadar solusi masing-masing, sebagaimana janji Tuhan umat Islam dalam firmanNya surat Al-Baqarah ayat 286, yang menjelaskan tentang seluruh manusia dibumi sudah diberi olehNya kadar kemampuan masing-masing.

Oleh: viroh Crew LB

12 thoughts on “ANTARA ORGANISASI DAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK)

  • November 11, 2017 at 10:18 pm
    Permalink

    I’m not sure why but this site is loading incredibly slow for me.
    Is anyone else having this issue or is it a issue on my end?

    I’ll check back later on and see if the problem still exists.

    Reply
  • November 12, 2017 at 2:07 am
    Permalink

    Greetings I am so glad I found your blog, I really found you by mistake, while
    I was researching on Yahoo for something else, Anyhow I am here now and would just like to
    say thank you for a marvelous post and a all round entertaining
    blog (I also love the theme/design), I don’t have time to go through
    it all at the minute but I have saved it and also
    added your RSS feeds, so when I have time I will be back to read
    much more, Please do keep up the great jo.

    Reply
  • November 12, 2017 at 8:31 am
    Permalink

    Great post. I was checking constantly this blog and I am impressed!
    Extremely helpful information particularly the last
    part 🙂 I care for such info much. I was seeking this particular info for a long time.
    Thank you and good luck.

    Reply
  • November 13, 2017 at 1:50 am
    Permalink

    Heya i’m for the first time here. I found this board and I find It really useful & it helped me out a
    lot. I hope to give something back and help others like you aided me.

    Reply
  • November 14, 2017 at 1:48 am
    Permalink

    You’ve made some really good points there. I
    checked on the web for more information about the issue and found most individuals will
    go along with your views on this site.

    Reply
  • November 14, 2017 at 6:26 pm
    Permalink

    Hello my friend! I want to say that this post is awesome, great
    written and come with approximately all significant infos.
    I’d like to look more posts like this .

    Reply
  • November 15, 2017 at 4:30 pm
    Permalink

    Does your site have a contact page? I’m having a tough time locating it
    but, I’d like to send you an email. I’ve got some
    recommendations for your blog you might be interested in hearing.

    Either way, great blog and I look forward to seeing it develop over time.

    Reply
  • November 16, 2017 at 12:18 pm
    Permalink

    Hello it’s me, I am also visiting this web site regularly,
    this site is actually nice and the viewers are really sharing good thoughts.

    Reply
  • November 20, 2017 at 6:00 am
    Permalink

    Hello! This is kind of off topic but I need some advice from an established blog.
    Is it very difficult to set up your own blog? I’m not very techincal but I can figure
    things out pretty quick. I’m thinking about setting up my own but
    I’m not sure where to begin. Do you have any ideas or suggestions?

    Thanks

    Reply
  • November 20, 2017 at 8:46 am
    Permalink

    I like the helpful information you provide for your articles.
    I’ll bookmark your blog and take a look at again right here regularly.
    I’m reasonably certain I will be informed a lot of new stuff right here!
    Best of luck for the next!

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.